Iri


Iri adalah suatu sifat dimana orang lain memiliki suatu keunggulan dibandingkan diri kita. Menurut saya, iri itu manusiawi dan merupakan respon natural jika kita melihat orang lebih unggul. Mungkin bisa dari prestasi, pekerjaan, penghasilan, hubungan, dan lain-lain. Kita juga tidak bisa mengontrol rasa itu. Di zaman yang semakin canggih dimana manusia sangat mudah untuk membagikan momen, kita sering banget liat status orang lain yang berprestasi, mencoba hal-hal baru, memiliki pekerjaan yang bagus tidak lama kemudian setelah lulus, punya pacar yang baik, punya banyak uang dan jajan-jajan terus. Yang kita lihat, orang lain jauh lebih bahagia dan memiliki hidup yang sempurna dibandingkan kita. Kita merasa jauh sekali tertinggal. Akhirnya, rasa badmood atau mungkin down, atau kesal bahkan? Itu pasti muncul. Mungkin itu juga rasa iri kamu terhadap orang lain, ada.

Sebenarnya, itu wajar banget kok. Banget. Kita ambil dari sisi baiknya berarti kita memiliki jiwa kompetitif. Yang perlu kalian tahu juga, iri itu dibagi menjadi dua jenis : iri jahat dimana kita menanggapi suatu keunggulan orang lain dengan rasa kesal sampai benci dan ingin merampas hak orang itu. Lalu ada iri jinak, yaitu dimana kita menanggapi rasa iri itu sebagai acuan kita untuk menjadi seperti mereka, atau bahkan mengungguli orang tersebut.

Apa kamu sedang merasakan keirian diusia dewasa muda dengan teman sepantaranmu? Jika iya, itu gapapa kok, kamu boleh kesal, itu wajar aja selama gak berujung rasa dendam berkepanjangan atau bahkan ada niatan jahat untuk menjatuhkan. Mungkin untuk saat ini ada hal yang harus kamu ingat bahwasanya kamu adalah kamu. Kamu bukan dia, kamu ya kamu. Kamu berpotensi, kamu punya keunggulanmu sendiri, kamu punya waktumu sendiri karena tidak semua orang memiliki durasi yang sama. Usaha, Do'a, Berani, Stop menjadi pribadi yang rendah diri, Jangan membandingkan, Fokus dengan diri sendiri, Jauhi toxic positivity yang pada akhirnya menjebak diri untuk tidak berkembang. Saya yakin kamu akan menjadi kamu yang unggul.

source : kompas, quora, pengalaman.

Komentar